Senin, 14 Februari 2011

Rasa Ingin Tahu yang Membuahkan Hasil


“Rasa Ingin Tahu yang Membuahkan Hasil”
Manusiamenurutsayaadalahmakhlukhidup yang memilikiakalbudi, pikirandanjugaperasaan.Dalamkehidupannyamanusiasangatlahmembutuhkanpengetahuan.Dimanadalampengetahuanitumanusiaslalumemiliki rasa ingintahu.Disetiapdetikkehidupannyamanusiaslalumempelajarisesuatu, entah yang disadariataupuntidak.
        Rasa ingintahu yang dimilikiolehmanusiaslalumendorongnyauntukberusahadanbekerja, usaha-usaha yang dilakukanantara lain adalahmengamati, mempelajari, danmempraktekan. Denganusaha-usahatersebutmanusiaakanlebihterdorong rasa ingintahunyaakansesuatu yang membuatnyasangatinginmempelajarinya. Denganmempelajarisesuatumanusiajugabekerjauntukmendapatkanpengetahuan yang lebihbesardaripengetahuansebelumnya yang iaketahui.
        Padazamandahulu rasa ingintahu yang dimilikiolehmanusiatidakmenggunakanperalatan-peralatancanggihsepertizamansekarang. Contohnyaadalahsaatzamanpurbakala.Merekahanyamemperhatikansesuatuuntukmempelajarihal-hal yang belummerekaketahuidanmemuaskan rasa ingintahumereka.Tidaksepertizamansekarangmanusialebihmempergunakaanperalatan yang lebihcanggihuntukmemuaskan rasa ingintahumereka.
        Dari rasa ingintahutersebutmuncullahsebuahpengetahuan yang lebihbesardaripengetahuansebelumnya. Dari pengetahuan yang dimilikisekarangakantimbul rasa banggaterhadapdirisendiriataskerjakerasnyauntukmemuaskanrasiingintahunya yang besar. Pengetahuantersebuttidakakandidapatdanakansia-siaapabila rasa ingintahu yang kitamilikitidakdidasaridenganusaha-usahadankerjakeras yang tekununtukmenemukanjawabannya.Jadididalamdirisetiapmanusiajugamemerlukandoronganeksternaldankesadaranakanapa yang sedangiaingincaridaniapelajariuntukmendapatkanhasil yang maksimal.
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar